Thursday, February 27, 2020

Beasiswa Untuk Lulusan SMA/SMK/MA di Akademi Metrologi dan Instrumentasi





Deadline: 14 Juni 2020

Kementerian Perdagangan membuka kesempatan bagi putra-putri Warga Negara Indonesia untuk mengikuti pendidikan program Diploma III Metrologi di bawah Akademi Metrologi dan Instrumentasi (Akmet).

Selain diajarkan ilmu metrologi, mahasiswa pada program ini akan dibekali dengan ilmu instrumentasi sehingga mahasiswa memiliki kemampuan yang baik dalam beradaptasi dengan kemajuan alat ukur sehingga lulusan dari program ini akan memiliki keunggulan dalam pemenuhan kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM).

Untuk mencapai tujuan tersebut maka program ini memberikan beasiswa pendidikan yang merupakan program beasiswa pemerintah yang mencakup seluruh biaya pendidikan mulai dari proses pendaftaran, seleksi, hingga pendidikan setelah menjadi mahasiswa sampai dengan kelulusan.

Lulusan Akmet ini dapat berkarir sebagai pejabat fungsional penera di lingkungan Kementerian Perdagangan atau Dinas Pemerintah Kabupaten/Kota yang membidangi unit metrologi di seluruh Indonesia dan di Industri yang berkaitan dengan bidang keteknikan (engineer) terutama bidang instrumentasi.

Pada tahun 2020 ini, Akmet akan menerima mahasiswa baru sebanyak 55 orang. 

Persyaratan
1. Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam Akta Kelahiran tidak lebih dari 21 tahun per 31 Desember 2020;
2. Persyaratan Nilai Rapor untuk mata pelajaran Matematika, Fisikam dan Bahasa Inggris tidak kurang dari 70 dengan skala 100 dari Semester 1 Kelas X sampai dengan Semester 5 Kelas XII;
3.Nilai Ujian Nasional (UN), menyertakan hasil nilai UN;
4. Surat keterangan konversi nilai skala 0-100 yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah bersangkutan (khusus pendaftar yang nilainya menggunakan skala nilai huruf atau nilai skala 1-10). Format surat keterangan konversi nilai dapat diunduh di website http://akmet.kemendag.go.id'
5. Sehat jasmani dan tidak buta warna yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dan Tidak Buta Warna dari dokter Rumah Sakit Pemerintah (untuk peserta yang telah lulus Tes Kemampuan Akademik)'
6. Berijazah Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) dengan jurusan IPA atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan keahlian terkait bidang Ilmu Fisika (seperti Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Sipil, Instrumentasi, dan lain-lain yang terkait bidang Ilmu Fisika).

Ketentuan Pendaftaran
1. Siapkan file scan/digital yang dibutuhkan untuk pendaftaran, dengan format file yang diperbolehkan JPG. File yang dibutuhkan adalah:
a) Pasfoto berwarna 3 bulan terakhir berukuran 4x6 cm, resolusi minimum 150 dpi, dengan ukuran file maksimum 500 kb;
b) Scan ijazah (SKHU bagi lulusan 2019), halaman yang mencantumkan nilai US, resolusi minimum 150 dpi dengan ukuran file maksimum 1 mb;
c) Scan hasil UN asli, resolusi minimum 150 dpi;
d) Scan Akta Kelahiran, resolusi minimum 150 dpi, dengan ukuran file maksimum 1 mb;
e) Scan Kartu Keluarga, resolusi minimum 150 dpi, dengan ukuran file maksimum 1 mb.
Pastikan dokumen yang Anda upload bisa terbaca. Pendaftaran dengan dokumen tidak terbaca (akibat resize terlalu kecil) dapat mengakibatkan pendaftaran Anda tidak dapat diproses untuk Seleksi Administrasi. Keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.
2. Isilah formulir pendaftaran online sesuai dengan data diri asli dan dapat dipertanggungjawabkan;
3. Pengisian formulir dan upload dokumen dapat dilakukan pada waktu yang berbeda. Formulir yang telah diisi dapat disimpan. Jika ingin meng-upload dokumen di lain kesempatan, pendaftarn terlebih dahulu harus login dengan email dan password.

PERHATIAN:
1. Kesalahan dalam pendaftaran berupa ketidaksesuaian isi formulir dengan dokumen asli akan mengakibatkan aplikasi tidak dapat diproses untuk seleksi administrasi.
2. Kesalahan dalam meng-upload dokumen atau tidak tercantumnya dokumen adalah bentuk ketidaklengkapan aplikasi sehingga tidak akan diikutsertakan dalam seleksi administrasi.

Jika persyaratan yang Anda miliki telah siap, silahkan memulai proses pendaftaran online melalui website http://akmet.kemendag.go.id.

Timeline Seleksi

  • 21 Februari - 14 Juni 2020: Pendaftaran online
  • 15-25 Juni 2020: Seleksi Administrasi
  • 26 Juni 2020: Pengumuman peserta Tes Kemampuan Akademik melalui website http://akmet.kemendag.go.id
  • 18 Juli 2020: Proses verifikasi dokumen (dilakukan di Bandung dan Surabaya)
  • 19 Juli 2020: Tes Kemampuan Akademik (dilaksanakan di Bandung dan Surabaya pukul 08.00 - 12.00 WIB dan pengumuman hasil tes pukul 17.00 WIB)
  • 20 Juli 2020: Ujian Psikotest (peminatan) yang dilaksanakan di Bandung dan Surabaya
  • 7 Agustus 2020: Pengumuman hasil akhir seleksi
  • 21 Agustus 2020: Pendaftaran ulang
  • 24 - 26 Agustus 2020: Pengenalan studi
  • 27 - 28 Agustus 2020: Perwalian
  • 31 Agustus 2020: Awal kuliah 

LINK RESMI
LINK PENDAFTARAN ONLINE

~ Semoga Sukses ~

No comments:

Post a Comment