Friday, September 18, 2020

Beasiswa ke Turki untuk S1 - Turkey Success Scholarships 2021

Deadline: November 2020

Turki menawarkan beasiswa kepada siswa internasional dari seluruh dunia untuk belajar di universitas paling bergengsi di Turki. Turki membuka kesempatan untuk siswa internasional dari seluruh dunia dengan "Beasiswa Türkiye". Program beasiswa ini memberi kesempatan dan pendidikan yang luas di universitas Turki paling bergengsi, membantu siswa mendapatkan perspektif baru dan memiliki pengalaman pendidikan yang unik selama mereka belajar di Turki. Beasiswa Türkiye adalah program beasiswa kompetitif yang didanai pemerintah, diberikan kepada siswa berprestasi untuk mengejar program penuh waktu atau jangka pendek di universitas top di Turki. Beasiswa Türkiye bertujuan untuk membangun jaringan pemimpin masa depan yang berkomitmen untuk memperkuat kerja sama antar negara dan saling pengertian di antara masyarakat.

Persyaratan Dasar
1. Prestasi akademik minimum 70%
2. Berusia di bawah 21 tahun

Dokumen
1. Dokumen Identifikasi Nasional (KTP) yang valid ATAU paspor yang valid
2. Foto kandidat terbaru (harap dicatat bahwa foto yang Anda unggah ke sistem aplikasi harus merupakan foto diri Anda sendiri, foto kandidat yang tidak dapat diidentifikasi akan merusak evaluasi aplikasi Anda)
3. Nilai ujian nasional (diwajibkan untuk kandidat yang tidak memiliki kualifikasi atau sertifikasi internasional)
4. Ijazah atau sertifikat kelulusan sementara
5. Transkrip akademik yang dilegalisir
6. Nilai ujian internasional (GRE, GMAT, DELF, YDS, YÖS,dll. Jika diminta oleh universitas & program yang dipilih).
7. Skor tes bahasa (jika diminta oleh universitas & program yang dipilih)
8. Proposal penelitian dan contoh pekerjaan tertulis (hanya untuk pelamar PhD)

Cakupan Beasiswa
1. Penempatan universitas dan program
2. Uang Bulanan: 800 TL per bulan
3. Biaya Pendidikan
4. Tiket Penerbangan Pulang (sekali)
5. Asuransi Kesehatan
6. Akomodasi
7. Kursus Bahasa Turki satu tahun

Lama beasiswa: 1 tahun kursus Bahasa Turki + 4-6 tahun (tergantung durasi normal program)

Cara Mendaftar

Pendaftaran hanya dapat dilakukan secara individu melalui www.turkiyeburslari.gov.tr ​​oleh para kandidat. Tidak ada institusi atau orang yang berwenang untuk mengajukan Beasiswa Türkiye.

- Pelamar sangat disarankan untuk membaca instruksi dan peringatan dengan cermat dalam sistem aplikasi.
- Pelamar diminta untuk menyerahkan dan mengunggah dokumen yang diperlukan ke sistem aplikasi.
- Aplikasi yang dikirim melalui pos, kurir, atau dengan tangan tidak akan diterima.
- Aplikasi tidak dipungut biaya.
- Beasiswa Türkiye mencakup beasiswa dan penempatan universitas secara bersamaan. Pelamar akan ditempatkan di universitas dan program di antara 12 preferensi mereka yang mereka pilih dalam sistem aplikasi.

Timeline Pendaftaran
Pendaftaran: Oktober 2020
Deadline pendaftaran: November 2020
Proses evaluasi: November-Desember 2020
Pengumuman: Desember 2020

Tanggal terperinci akan diumumkan pada situs web resmi beasiswa.

Proses Seleksi dan Eveluasi
Aplikasi Beasiswa Türkiye dinilai berdasarkan keberhasilan akademis, kegiatan ekstrakurikuler dan kredensial profesional lainnya dari kandidat. Dalam proses evaluasi aplikasi, kandidat akan dievaluasi berdasarkan kelayakan mereka untuk kriteria aplikasi program yang dilamar serta prestasi akademik dan sosial mereka.
1. Penilaian Awal
Semua aplikasi ditinjau berdasarkan kriteria dasar seperti nilai akademik minimum, batas usia, dokumen yang diperlukan, dll.
2. Daftar Kandidat
Aplikasi kandidat yang memenuhi syarat ditinjau dengan cermat oleh komite ahli berdasarkan serangkaian kriteria yang luas termasuk kedudukan akademis, kualifikasi sebelumnya, minat akademis, tujuan karir, konsistensi pilihan, surat motivasi, partisipasi dalam kegiatan sosial, dll. Setelah itu daftar kandidat yang memenuhi syarat dipilih untuk wawancara.
3. Wawancara
Kandidat terpilih diwawancarai di lebih dari 100 negara oleh komite wawancara termasuk akademisi dan ahli.
Wawancara biasanya berlangsung selama 15-30 menit dan dilakukan dalam format berikut:
a. Selamat datang dan perkenalan
b. Pemeriksaan dokumen
c. Motivasi kandidat untuk melamar
d. Pengetahuan akademis dan tujuan karir
e. Penutup dan pertanyaan ke panitia
Harap dicatat bahwa wawancara bukanlah indikasi apakah kandidat akan dipilih atau tidak.
4. Seleksi
Hasil wawancara kandidat yang dinominasikan oleh komite wawancara dievaluasi oleh panitia seleksi dan daftar kandidat yang akan diberikan beasiswa. Tahap evaluasi akhir ini akan menilai secara keseluruhan kelayakan dan kesesuaian calon Beasiswa Türkiye.

Catatan Penting
- Sebagian besar program di universitas Turki menggunakan bahasa Turki. Namun, beberapa departemen dan universitas menawarkan program dalam bahasa Inggris atau bahasa lain. Kandidat yang ingin belajar di program ini harus memiliki sertifikat bahasa yang diakui secara internasional untuk membuktikan kemahiran bahasa mereka (TOEFL dan sertifikat setara lainnya). Sebagian besar program ini memerlukan nilai tes masuk internasional seperti GRE, GMAT, SAT, dll. Kandidat dapat memeriksa bahasa pengantar saat memilih program dalam sistem aplikasi.
- Kandidat sarjana yang memiliki kualifikasi Internasional seperti SAT atau GCSE dan bukan nilai ujian nasional, harus memberikan kualifikasi minimum yang diperlukan untuk menyelesaikan sekolah menengah menurut ujian internasional ini.
- Semua penerima Beasiswa Türkiye yang tidak memiliki Sertifikat Tingkat C1 untuk Kemahiran Bahasa Turki (termasuk mereka yang ditempatkan dalam bahasa Inggris atau program pengajaran bahasa lain) harus mengikuti Kursus Persiapan Turki 1 tahun dan mendapatkan Sertifikat Tingkat C1 pada akhir masa tahun akademik mereka.

WEBSITE RESMI
KALENDER APLIKASI BEASISWA TURKI

No comments:

Post a Comment